Tentang Program Studi

Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina (PS TLog UP) didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 60/KPT/I/2016 yang diterbitkan pada tanggal 1 Februari 2016. Berdirinya Universitas Pertamina (UP) merupakan wujud kontribusi PT. Pertamina (Persero) kepada masyarakat. UP didirikan dengan semangat untuk menjadi perguruan tinggi berkelas dunia di bidang bisnis dan teknologi energi.

Perumusan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran (VMTS) PS TLog UP diselaraskan dengan VMTS organisasi yang ada di atasnya, yakni VMTS UP dan Fakultas Teknologi Industri (FTI). Selain itu, VMTS PS TLog UP dirumuskan dengan memperhatikan cita-cita pendiri, cita-cita PS TLog UP, analisis SWOT PS TLog UP, dan masukan dari pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal.

Proses perumusan VMTS PS TLog UP dimulai sejak pendirian PS TLog UP. Pada perkembangannya, VMTS PS TLog UP yang dirumuskan di dokumen pendirian mengalami perbaikan dalam rangka penyempurnaan VMTS PS TLog UP.

Program Studi Teknik Logistik lahir sebagai jawaban dari kondisi industri global saat ini. Tren Industri menunjukkan bahwa peran logistik dan manajemen rantai pasok di dalam perusahaan menjadi faktor yang sangat diperhitungkan dalam mempertahankan keuntungan perusahaan secara keseluruhan. Arah kebijakan pemerintah saat ini pun dititikberatkan pada peningkatan konektivitas nasional serta pembangunan infrastruktur logistik di seluruh wilayah Indonesia.

Perkembangan industri logistik di Indonesia saat ini kurang diimbangi dengan penyediaan sumber daya manusia yang memadai. Salah satu cara untuk dapat menyelesaikan permasalahan logistik di Indonesia adalah dengan menyiapkan tenaga profesional yang memilihi keahlian serta kemampuan di bidang ini. Sumber daya manusia yang berkecimpung di bidang logistik dan rantai pasok saat ini umumnya masuk dengan tidak terencana; bukan mereka yang mengembangkan kompentensi sejak awal.

Profesi di bidang logistik dan rantai pasok belum populer di dunia akademis maupun bagi para lulusan baru. Untuk dapat menjawab tantangan ini, tentunya dibutuhkan sebuah program pendidikan yang fokus untuk meningkatkan kemampuan SDM logistik baik secara formal maupun informal. Keilmuan logistik sendiri diharapkan bisa berkontribusi pada penyelesaian masalah hambatan konektivitas sistem logistik Indonesia dengan menjembatani kesenjangan antara jarak geografis dan jarak ekonomi, serta secara luas, dan lebih khususnya yang terkait dengan distribusi sumber energi nasional sehingga tercapai konektivitas nasional yang kuat.

Program Studi Teknik Logistik merupakan program studi yang masih baru di Indonesia, namun kebutuhan akan sumber daya manusia di bidang ini sangat tinggi. Bahkan, Program Studi Teknik Logistik di Universitas Pertamina merupakan salah satu pelopor program studi level sarjana untuk bidang ini di Indonesia. Tentunya, hal ini menjadi tantangan tersendiri terkait pembangunan serta pengembangannya. Beberapa hal yang menjadi tantangan utamanya adalah terkait akreditasi, rumpun keilmuan, referensi pengembangan, serta ketersediaan tenaga ahli untuk proses belajar-mengajar. Selain itu, yang juga menjadi tantangan Program Studi Teknik Logistik sebagai program studi baru adalah belum adanya pengakuan dari dunia industri terkait penyerapan lulusan dalam bidang ini. Namun, melihat tingginya kebutuhan SDM profesional di bidang logistik dan rantai pasok, seharusnya hal ini tidak menjadi hambatan yang berarti di masa depan.

Seluruh tantangan di atas perlu diantisipasi serta dijadikan pertimbangan dalam pengembangan serta proses belajar mengajar di Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina, agar lulusan dari program studi ini tidak hanya memiliki kemampuan secara akademis namun memiliki kesiapan dan kompetensi untuk dapat terjun langsung ke industri dan menjawab tantangan industri di masa mendatang.

Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina memiliki sejumlah keunggulan yaitu:

  • Program studi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berbasis teknologi dan bisnis energi.
  • Kesempatan untuk kerja praktik, magang industri dan mengerjakan studi kasus secara langsung di PERTAMINA dan anak-anak perusahaannya.
  • Kurikulum prodi disusun menurut aturan akreditasi internasional ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) dan ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programmes in Engineering, Informatics, the Natural Sciences and Mathematics), disesuaikan dengan kebutuhan global, dan satu-satunya di Indonesia yang disertai mata kuliah Berpikir Kritis dan Berpikir Solusi Kreatif sebagaimata kuliah wajib di tahun pertama perkuliahan.

Mata kuliah Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina mencakup:

  • Tahun 1: Ilmu sains dasar (basic science) seperti fisika dasar, kimia dasar, dan Bahasa Inggris.
  • Tahun 2: Ilmu dasar teknik yang terkait dengan teknik logistik seperti statistik industri, Production Planning and Inventory Control (PPIC), dan sistem transportasi.
  • Tahun 3: Ilmu teknik logistik lanjutan (advanced technical skill) seperti sistem informasi logistik, sistem pergudangan, dan perancangan sistem logistik.
  • Tahun 4: Dikhususkan untuk mata kuliah pengayaan, termasuk kerja praktik yang bersifat analitik untuk menyelesaikan permasalahan yang nyata di perusahaan. Pada semester akhir, mahasiswa diwajibkan membuat Tugas Akhir yang bertujuan merangkum seluruh kompetensi yang didapat mahasiswa di semester-semester yang sudah dilalui.

Lulusan Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina dapat bekerja di berbagai bidang seperti perusahaan transportasi dan distribusi (termasuk di pelabuhan, bandara, terminal, dan stasiun), pergudangan, ekspor, impor, minyak dan gas, manufaktur, jasa pelayanan logistik, lembaga konsultasi, atau procurement and sales, baik sebagai staf operasional maupun planner yang kemudian dapat menjajaki karir hingga menjadi manajer dan menempati posisi puncak perusahaan. Selain itu, lulusan Teknik Logistik juga bisa menjadi peneliti atau pengajar di lembaga penelitian ataupun di universitas.

Peminatan Program Studi

Mahasiswa tingkat akhir (Semester 7) Prodi Teknik Logistik bisa memilih beberapa peminatan diantaranya Operation Research in Logistics, IT and Logistics Information Systems, Management in Logistics, Maritime Logistics and Transportation and Fleet management.

Kegiatan Program Studi
  • Penelitian
    • Program hibah bersaing UPSKILLING
    • Penelitian dana hibah DIKTI
    • Riset kolaborasi dengan Pertamina terkait SPBU
  • Pengabdian Masyarakat
    • Training Manajemen Proyek Pemerintah Kota Tangerang Selatan
  • Pengembangan Mahasiswa
    • LightUP Prodi

Daftar Dosen

Ketua Program Studi:

Dr. Eng. Iwan Sukarno, ST., M.Eng

Dosen:

  1. Anak Agung Ngurah Perwira Redi, S.Kom, MBA, Ph.D
  2. Yelita Anggiane Iskandar, M.T.
  3. Ferani Eva Zulvia, S.Si, MBA, MT, Ph.D
  4. Anisha Maharani, S.T, M.Sc
  5. Gita Kurnia, S.T, M.Sc
  6. Harummi Sekar Amarilies, S.T, MBA
  7. Nur Layli Rachmawati, S.T, M.T
  8. Rio Turnadi, M.Sc