Laboratorium Sistem Distribusi Logistik

Laboratorium Sistem Distribusi Logistik (SDL) berlokasi di gedung LST (Laboratorium Sains dan Teknik) lantai 1 komplek kampus Universitas Pertamina Simprug.

Lab. SDL merupakan laboratorium di bawah Program Studi Teknik Logistik. Laboratorium Ini berbentuk dua ruangan saling terhubung dengan total luas 72 m2.

Laboratorium SDL digunakan untuk praktikum penunjang mata kuliah di Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina.

Praktikum Perencanaan dan Pengendalian Logistik (PPL) merupakan praktikum dalam bidang logistik yang bertujuan untuk memahami lebih lanjut materi PPL melalui simulasi secara langsung. Aktivitas praktikum di lakukan dalam laboratorium SDL dimulai dari peramalan permintaan, perencanaan agregat, jadwal induk produksi, pengendalian persediaan, perencanaan kebutuhan material dan kapasitas, penjadwalan mesin dan tenaga kerja, serta keseimbangan lintasan perakitan. Pelaksanaan praktikum ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan produksi produk amatan.

Praktikum Perancangan Fasilitas Logistik (PFL) merupakan salah satu praktikum wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa Teknik Logistik Universitas Pertamina. Tujuan dari praktikum PFL adalah melakukan simulasi perancangan fasilitas dari sebuah perusahaan dengan produk tertentu, mulai dari proses datangnya bahan baku sampai dengan proses pendistribusian produk jadi. Perancangan tersebut dilakukan untuk meningkatkan utilisasi dari area (space), peralatan (equipment), dan orang (people) di dalam suatu fasilitas. Hal itu dapat dilakukan dengan menerapkan ilmu-ilmu seperti pergudangan, facility design, persediaan, material handling serta distribusi dan transportasi. Praktikum ini terdiri dari 4 modul berbeda, baik secara materi maupun tujuan dari pengerjaan modul. Selama praktikum berlangsung, praktikan akan dibimbing oleh asisten praktikum yang berbeda-beda untuk setiap modulnya. Dengan adanya praktikum ini, diharapkan Mahasiswa/Mahasiswi dapat meningkatkan pemahaman dan menerapkan dengan baik mata kuliah yang berkaitan dengan praktikum ini.

Praktikum SSL merupakan kegiatan belajar yang menggunakan software ProModel dalam melakukan simulasi dibidang logistik. Praktikum ini dilakukan dengan cara memberikan latihan, praktikan akan diberi studi kasus yang harus diselesaikan dengan menggunakan software Promodel kemudian output dari Promodel tersebut dianalisis dan disimpulkan. selain praktikum yang dilakukan juga akan ada kegiatan membuat tugas besar yang dilakukan perkelompok, untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.

Peraktikum Statistik dan Probabilitas merupakan kegiatan percobaan peritungan statistik dan probabilitas menggunakan software tertentu yang bertujuan untuk menambah wawasan, melakukan simulasi langsung serta menganalisis hasil yang didapat dari perhitungan manual dan menggunakan software. Pada praktikum ini, praktikan berfokus pada penggunaan Microsoft Excel dan aplikasi SPSS dalam melakukan perhitungan dan simulasi statistik dan probabilitas. Aktivitas praktikum dilakukan secara bertahap sesuai modul yang diberikan.

Praktikum PTIA merupakan praktikum yang membantu praktikan untuk dapat lebih memahami cara berpikir komputasi dan berpikir prosedural terhadap sebuah persoalan. Praktikan akan mengimplementasikan materi yang dipelajari di kelas untuk menyelesaikan sebuah permasalahan sederhana pada praktikum ini. Praktikum ini dirancang menjadi beberapa modul, menyesuaikan dengan kedalaman materi yang telah dipelajari di kelas. Pembagian modul tersebut ditujukan agar praktikan dapat melakukan praktikum dengan lebih baik. Tujuan dari praktikum ini yaitu membantu praktikan belajar mengenai bagaimana memodelkan masalah tersebut dengan menggunakan algoritma dan bahasa pemprograman dengan tetap memperhatikan cara berpikir komputasional dan berpikir prosedural. Selama praktikum, praktikan akan dibantu untuk dapat lebih memahami cara penggunaan bahasa pemprograman dalam penyelesaian masalah sederhana dan tetap terprosedur dengan baik dalam memodelkan masalah tersebut.

Fasilitas Laboratorium

Conveyor Belt + Baki dan Obeng

Alat ini berfungsi untuk menyeimbangkan lintasan produksi perakitan pada lini produksi, mengetahui sistem aliran produksi pada suatu perakitan produksi manufaktur.

Server

Alat ini berfungsi untuk menjalankan perangkat lunak atau software pendukung pembelajaran dan penelitian di bidang logistik dan rantai pasok yang membutuhkan sumber daya tinggi.

Galeri Kegiatan